Hello gan, kembali lagi nih di Greview. Sebenarnya dari kemarin-kemarin Greviee pingin banget review game kesayangan gamer old tapi yah.. karena Admin sendiri sibuk kuliah jadi bisa cuman hari jumat sampai minggu aja nih, dan berhubung sekarang malam sabtu dan besok libur Greview bakalan ngeluangin waktu buay nge review ini game. Nah langsung aja kita simak bersama-sama

hm-fomt-logo.png

Harvest Moon, siapa sih yang ga kenal sama game ini? Pasti bagi kalian yang pernah memainkan konsol ps 1 pasti sudah ga asing lagi kan. Harvest Moon adalah sebuah game bergenre simulasi dimana kita akan berperan sebagai pemuda yang harus mengurus sebuah peternakan, nah menurut beberapa sumber game Harvest Moon Back To Nature atau sering di singkat HM BTN merupakan seri Harvest Moon yang paling disukai sampai saat ini. Namun, yang bakalan Greview bahas disini adalah penerus dari HM BTN itu sendiri gan (bisa dibilang remake dari HM BTN) judul dari seri Harvest Moon itu sendiri adalah Friends of Mineral Town dimana dalam game ini cukup banyak perubahan yang ditampilkan gan. Langsung aja kita simak beberapa perbedaan dari seri BTN dan FoMT ini gan.


Yang Pertama dan yang paling menonjol, walaupun dalam dua game ini memiliki latar tempat yang sama namun dalma segi grafis memiliki perbedaan yang sangat menonjol dimana dalam ps1 Btn memiliki tampilan 3D 64bit dan sedangkan FoMT memiliki tampilan semi 3D 32bit.

Nah yang Kedua adalah event-event dan festival dalam kedua game ini gan, menurut Greview sih hampir sama cuman memang di beberapa hal ada perbedaanya. Untuk Heart Event hampir seluruh nya berbeda, dan dalam versi FoMT ada beberapa event yang ada di BTN yang di hapus seperti Event May hilang. Kemudian Festival dimana dalam seri FoMT festival balap anjing diubah menjadi lomba lempar piringan.

Yang Ketiga penghapusan beberapa karakter di FoMT, sebagai mana kita tahu hampir semua karakter di FoMT diambil dari BTN (ya iyalah orang desanya aja sama ) namun dalam seri FoMT karakter peneliti lebah (lupa namanya) dihapus dalam seri ini dan juga pelayan yang ada dalam rumah mayor pun dihapus.

Keempat nah ini nih yang ga ada di seri BTN gan dimana kita bisa mendatangkan karakter dari seri HM AWL (A Wonderful Life) bernama Van karakter yang muncul di HM AWL, karakter ini menjual item-item yang ga dijual di toko gan seperti tanaman dan juga piringan musik beserta recorder nya gan jadi ketika kita mendapatkan recorder tersebut kita dapat memutar soundtrack seri HM lain gan seperti HM Save the homeland, HM A wonderful life, HM 64 dan banyak lagi untuk memanggil karakter ini kalian harus melakukan ritual gan yakni menyambungkan kabel data dari konsol Nintendo GBA asli dan konsol Nintendo Gamecube. Namun Tenang aja gan ada code cheat untuk mendapatkan Karakter ini gan, namun sayangnya saya lupa gan (nanti bakalan saya cari).


Kelima Storyline, jika di BTN kita adalah cucu dari kakek petani nah di seri FoMT ini kita akan menjadi seorang bocah yang berlibur dengan orang tuanya di desa Mineral namun saat perjalanan player akan nyasar hingga kesebuah perkebunan nah disini nanti kakek akan menolong player menelpon kedua orang tua player dengan nomer telpon yang tercantum di tas player, ketika ortu player datang sang kakek pun mengijinkan player dan keluarga untuk bermain di perkebunanya. Nah scene selanjutnya player akan bertemu dengan seorang gadis (skip karena ceritanya sama kayak di ps 1) nah pada akhirnya player pun pulang ke kota dan saling mengirim surat namun sang kakek pun berhenti mengirim surat dan membuat player penasaran dan player pun mengunjungi perkebunan setelah sekian lama di sana player akan di beri tahu oleh mayor bahwa sang kakek telah meninggal dan mewariskan perkebunan ini kepada player.


Cek ss dibawah untuk gameplay.

hm-fomt-1.png

hm-fomt-2.png

hm-fomt-3.png

hm-fomt-4.png

hm-fomt-5.png

hm-fomt-6.png

hm-fomt-map-village.png

hm-fomt-map-farm.png

Nah bagai mana gan? kalian tertarik? Langsung aja klik link dibawah untuk download.


Harvest Moon FoMT.zip(3mb)


Ok gan sampai disini dulu postingan dari Greview, sampai jumpa di postingan selanjutnya!